Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mustahil hanyalah Sebuah Kata

Foto oleh Polina Zimmerman: https://www.pexels.com/id-id/foto/catatan-di-papan-3782134/

Setiap orang, pada suatu saat dalam hidupnya, pernah bermimpi untuk menjadi seseorang yang istimewa, seseorang yang besar. Siapa yang tidak pernah berkhayal untuk menjadi orang yang memukul bola yang memenangkan pertandingan? Siapa yang tidak pernah bermimpi menjadi ratu pulang kampung? Dan berapa kali kita bermimpi untuk menjadi kaya, atau sukses, atau bahagia dengan hubungan kita? Sering kali, kita memimpikan mimpi-mimpi besar dan memiliki aspirasi yang luar biasa. 

Sayangnya, impian kita tetap hanya tinggal impian. Dan aspirasi kita dengan mudah mengumpulkan debu di loteng rumah kita. Ini adalah kejadian yang menyedihkan dalam hidup kita. Alih-alih mengalami petualangan yang mengasyikkan dalam aktualisasi diri, kita malah terjebak dalam kehidupan yang membosankan dari hari ke hari yang nyaris tidak ada. Tapi tahukah Anda? Hidup bisa jauh lebih baik, jika saja kita belajar untuk memiliki tujuan yang lebih tinggi. 

Masalah yang paling umum dalam menetapkan tujuan adalah kata mustahil. Kebanyakan orang terpaku pada pemikiran bahwa saya tidak bisa melakukan ini. Ini terlalu sulit. Terlalu mustahil. Tidak ada yang bisa melakukan ini. Namun, jika semua orang berpikir seperti itu, maka tidak akan ada penemuan, inovasi, dan terobosan dalam pencapaian manusia. Ingatlah bahwa para ilmuwan bingung ketika mereka melihat lebah yang rendah hati. 

Secara teoritis, kata mereka, lebah tidak mungkin bisa terbang. Sayangnya bagi lebah, tidak ada yang mengatakan demikian. Jadi, ia tetap terbang. Di sisi lain, beberapa orang menderita karena memimpikan mimpi yang benar-benar keterlaluan dan tidak menindaklanjutinya. Hasilnya? Mimpi yang hancur, dan aspirasi yang compang-camping. Jika Anda membatasi diri Anda dengan keraguan diri, dan asumsi yang membatasi diri sendiri, Anda tidak akan pernah bisa menembus apa yang Anda anggap mustahil. 

Jika Anda menggapai terlalu jauh ke angkasa tanpa berusaha mencapai tujuan Anda, Anda akan mendapati diri Anda berpegang teguh pada mimpi yang mustahil. Cobalah latihan ini. Ambil selembar kertas dan tuliskan beberapa tujuan dalam hidup Anda. Di bawah satu tajuk, tuliskan hal-hal yang 'Anda tahu bisa Anda lakukan'. Di bawah tajuk yang lain, tuliskan hal-hal yang 'mungkin bisa Anda lakukan'. 

Dan di bawah satu tajuk lagi, tuliskan hal-hal yang 'tidak mungkin Anda lakukan'. Sekarang lihatlah semua tajuk tersebut, berusahalah setiap hari untuk mencapai tujuan yang ada di bawah hal-hal yang 'Anda tahu bisa Anda lakukan'. Centanglah ketika Anda sudah bisa mencapainya. Ketika Anda perlahan-lahan dapat memeriksa semua tujuan Anda di bawah tajuk tersebut, cobalah untuk mencapai tujuan di bawah tajuk lainnya-yang bertuliskan 'Anda mungkin bisa melakukannya'. 

Setelah semua hal yang Anda tulis di bawah hal-hal yang dapat saya lakukan tercapai, Anda dapat memindahkan tujuan-tujuan yang ada di bawah hal-hal yang 'tidak mungkin Anda lakukan' ke dalam daftar hal-hal yang 'mungkin dapat Anda lakukan'. Ketika Anda mengulangi proses ini, Anda akan menemukan bahwa tujuan yang Anda pikir tidak mungkin menjadi lebih mudah dicapai. Dan hal yang tidak mungkin akan terlihat mungkin. Anda lihat, teknik di sini bukan untuk membatasi imajinasi Anda. 

Yang penting adalah membidik tujuan yang tinggi, dan mulai bekerja ke arah tujuan itu sedikit demi sedikit. Namun demikian, juga tidak bijaksana untuk menetapkan tujuan yang benar-benar tidak realistis. Mereka yang hanya bermimpi untuk mencapai suatu tujuan tanpa bekerja keras, akan berakhir dengan kekecewaan dan kekecewaan. 

Di sisi lain, jika Anda mengatakan kepada seseorang seratus tahun yang lalu bahwa manusia bisa pergi ke bulan, mereka akan menertawakan Anda. Jika Anda mengatakan kepada mereka bahwa Anda dapat mengirim surat dari sini ke belahan dunia lain dalam beberapa detik, mereka akan mengatakan bahwa Anda tidak waras. Namun, dengan keinginan dan ketekunan, mimpi-mimpi mustahil itu kini menjadi kenyataan. 

Thomas Edison pernah berkata bahwa kejeniusan adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang lebih benar. Agar seseorang dapat mencapai mimpinya, harus ada kerja keras dan disiplin. Namun, perlu diingat bahwa 1% tersebut haruslah mimpi yang besar, dan bukan mimpi yang mudah dicapai. Tanyakan pada setiap atlet gym dan dia akan memberi tahu Anda bahwa tidak akan ada hasil yang didapat kecuali Anda keluar dari zona nyaman. Ingat pepatah, "Tidak ada rasa sakit, tidak ada hasil"? 

Pepatah itu memang benar adanya. Jadi bermimpilah, teman! Jangan terjebak dengan keterbatasan yang Anda rasakan. Berpikirlah besar dan bekerja keras untuk meraih mimpi-mimpi itu. Ketika Anda menaiki tangga kemajuan, Anda akan menemukan bahwa hal yang tidak mungkin menjadi sedikit lebih mungkin. Penyembuhan Energi 101: Prana, Tantra, dan Reiki Anda mungkin pernah menemukan istilah-istilah yang terdengar eksotis seperti "cakra", "prana", "aura", dan "tantra" saat membaca buku-buku tentang spiritualitas, seks, dan penyembuhan di bagian literatur Zaman Baru di toko buku. Namun, apa makna sebenarnya di balik kosakata eksotis ini?

Post a Comment for "Mustahil hanyalah Sebuah Kata"