Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apakah Yoda Bangga: Meditasi 101

Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/sehat-tangan-relaksasi-kebugaran-4325476/

Meditasi mengacu pada keadaan di mana tubuh dan pikiran Anda secara sadar menjadi rileks dan fokus. Para praktisi seni ini melaporkan adanya peningkatan kesadaran, fokus, dan konsentrasi, serta pandangan yang lebih positif dalam hidup. Meditasi paling sering dikaitkan dengan para biksu, mistikus, dan disiplin spiritual lainnya. 


Namun, Anda tidak harus menjadi seorang biksu atau mistikus untuk menikmati manfaatnya. Dan Anda bahkan tidak harus berada di tempat khusus untuk mempraktikkannya. Anda bahkan bisa mencobanya di ruang tamu Anda sendiri! Meskipun ada banyak pendekatan yang berbeda untuk meditasi, prinsip-prinsip dasarnya tetap sama. Yang paling penting di antara prinsip-prinsip ini adalah menyingkirkan pikiran dan fantasi yang menghalangi, negatif, dan mengembara, serta menenangkan pikiran dengan rasa fokus yang mendalam. 

Hal ini akan membersihkan pikiran dari puing-puing dan mempersiapkannya untuk aktivitas yang lebih berkualitas. Pikiran negatif yang Anda miliki - seperti tetangga yang berisik, rekan kerja yang suka memerintah, tiket parkir yang Anda dapatkan, dan spam yang tidak diinginkan - dikatakan berkontribusi terhadap 'pencemaran' pikiran, dan menutupnya akan memungkinkan 'pembersihan' pikiran sehingga dapat fokus pada pikiran yang lebih dalam dan lebih bermakna. 

Beberapa praktisi bahkan menutup semua input sensorik - tidak ada pemandangan, tidak ada suara, dan tidak ada yang bisa disentuh - dan mencoba melepaskan diri dari keributan di sekitar mereka. Anda sekarang dapat fokus pada pemikiran yang dalam dan mendalam jika ini adalah tujuan Anda. Ini mungkin tampak memekakkan telinga pada awalnya, karena kita semua terlalu terbiasa untuk terus mendengar dan melihat sesuatu, tetapi ketika Anda melanjutkan latihan ini, Anda akan menemukan diri Anda menjadi lebih sadar akan segala sesuatu di sekitar Anda. 

Jika Anda merasa posisi meditasi yang Anda lihat di televisi mengancam - posisi dengan punggung yang melengkung secara tidak wajar, dan liukan yang tampak menyakitkan - Anda tidak perlu khawatir. Prinsipnya di sini adalah berada dalam posisi yang nyaman dan kondusif untuk konsentrasi. Ini bisa dilakukan sambil duduk bersila, berdiri, berbaring, dan bahkan berjalan. Jika posisi tersebut memungkinkan Anda untuk rileks dan fokus, maka itu akan menjadi titik awal yang baik. Sewaktu duduk atau berdiri, punggung harus lurus, tetapi tidak tegang atau tegang. 

Pada posisi lain, satu-satunya hal yang tidak boleh dilakukan adalah membungkuk dan tertidur. Pakaian yang longgar dan nyaman akan sangat membantu dalam proses ini karena pakaian yang ketat cenderung mencekik dan membuat Anda merasa tegang. Tempat Anda melakukan meditasi harus memiliki suasana yang menenangkan. Bisa di ruang tamu, kamar tidur, atau tempat lain yang membuat Anda merasa nyaman. 

Anda mungkin menginginkan matras latihan jika Anda berencana untuk mengambil posisi yang lebih menantang (jika Anda merasa lebih fokus saat melakukannya, dan jika kontortraktor dalam diri Anda berteriak minta dilepaskan). Anda mungkin ingin mengatur tempat agar menenangkan indra Anda. Keheningan membantu kebanyakan orang untuk rileks dan bermeditasi, jadi Anda mungkin menginginkan tempat yang tenang dan terpencil yang jauh dari dering telepon atau dengungan mesin cuci. 

Aroma yang menyenangkan juga membantu dalam hal ini, jadi menyediakan lilin aromatik juga bukan ide yang buruk. Para biksu yang Anda lihat di televisi yang membuat suara-suara monoton itu sebenarnya sedang melakukan mantra mereka. Secara sederhana, ini adalah sebuah pengakuan singkat, suara sederhana yang, bagi para praktisi ini, memiliki nilai mistik. Anda tidak perlu melakukan hal tersebut; namun, perlu diperhatikan bahwa fokus pada tindakan berulang seperti bernapas, dan bersenandung akan membantu praktisi memasuki kondisi kesadaran yang lebih tinggi. Prinsipnya di sini adalah fokus. 

Anda juga dapat mencoba fokus pada objek atau pikiran tertentu, atau bahkan, sambil tetap membuka mata, fokus pada satu pandangan. Salah satu contoh rutinitasnya adalah - ketika berada dalam kondisi meditasi - secara diam-diam menyebutkan setiap bagian tubuh Anda dan memfokuskan kesadaran Anda pada bagian tersebut. 

Saat melakukan hal ini, Anda harus menyadari adanya ketegangan pada bagian tubuh Anda. Bayangkan secara mental melepaskan ketegangan ini. Hal ini akan menghasilkan keajaiban. Secara keseluruhan, meditasi adalah praktik yang relatif bebas risiko dan manfaatnya sepadan dengan usaha yang dilakukan (atau tanpa usaha - ingatlah bahwa kita sedang bersantai). 

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi memang membawa efek fisiologis yang bermanfaat bagi tubuh. Dan telah ada konsensus yang berkembang dalam komunitas medis untuk mempelajari lebih lanjut efek tersebut. Jadi dalam waktu dekat, siapa tahu, hal mistis dan esoterik yang kita sebut meditasi itu bisa menjadi sebuah ilmu pengetahuan!

Post a Comment for "Apakah Yoda Bangga: Meditasi 101"