Menetapkan Tujuan Anda - Lebih Mudah Diucapkan, Lebih Mudah Dilakukan
Dasar-dasar menetapkan tujuan adalah rahasia umum yang diketahui oleh para atlet berkaliber tinggi, pebisnis dan pebisnis wanita yang sukses, serta semua jenis orang yang berprestasi di berbagai bidang. Dasar-dasar menetapkan tujuan memberi Anda motivasi dan fokus jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini membantu Anda menetapkan fokus pada perolehan pengetahuan yang dibutuhkan dan membantu Anda merencanakan dan mengatur sumber daya dan waktu Anda sehingga Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari hidup Anda.
Menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang jelas akan memungkinkan Anda untuk mengukur kemajuan Anda dan mencapai kepuasan pribadi setelah Anda berhasil memenuhi tujuan Anda. Memetakan kemajuan Anda juga akan memungkinkan Anda untuk benar-benar melihat tahapan penyelesaian yang mengarah pada realisasi tujuan Anda. Hal ini akan menghilangkan perasaan bahwa Anda akan bekerja keras tanpa hasil untuk mencapai tujuan Anda. Kepercayaan diri dan tingkat kompetensi Anda juga akan meningkat karena Anda akan lebih sadar akan kemampuan Anda saat Anda menyelesaikan atau mencapai tujuan Anda.
Dasar-dasar penetapan tujuan akan melibatkan penentuan apa yang benar-benar ingin Anda lakukan dengan kehidupan pribadi Anda dan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang Anda butuhkan untuk mencapainya. Kemudian Anda harus memecah tujuan menjadi target-target yang lebih kecil dan mudah dikelola yang harus Anda selesaikan untuk mencapai target seumur hidup Anda. Setelah Anda memiliki daftar, jangan buang waktu untuk menangani tujuan Anda.
Cara yang baik untuk memiliki daftar yang dapat dikelola adalah dengan memiliki tujuan harian dan mingguan. Dengan melakukan hal ini, Anda akan selalu berada dalam posisi untuk mencapai tujuan rencana hidup Anda. Setiap hari akan memberi Anda kesempatan untuk memenuhi tujuan tertentu yang akan memberi Anda perasaan pencapaian.
Berikut adalah beberapa petunjuk yang harus dipertimbangkan dalam menetapkan tujuan dan mencapainya.
Sikap memainkan peran yang sangat besar dalam menetapkan dan mencapai tujuan Anda. Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah ada bagian dari diri Anda atau pikiran Anda yang menghambat Anda untuk mencapai tujuan yang paling sederhana? Apakah ada bagian dari perilaku Anda yang menjadi penghalang atau membuat rencana Anda berantakan? Jika Anda memiliki masalah di area-area tersebut, maka hal yang harus segera dilakukan adalah mengatasi masalah tersebut. Solusi yang bisa Anda lakukan antara lain dengan mengunjungi dokter atau psikiater untuk mengendalikan emosi Anda.
Karier dibuat dengan manajemen waktu yang baik. Kegagalan dalam karier sering kali disebabkan oleh manajemen waktu yang buruk. Karier menuntut banyak hal dari seorang individu yang sering kali menjadikan karier sebagai kehidupan individu tersebut. Rencanakan seberapa jauh Anda ingin melangkah dalam karir Anda.
Pendidikan adalah kunci dalam mencapai tujuan Anda. Jika tujuan Anda mengharuskan Anda untuk memiliki gelar tertentu atau membutuhkan spesialisasi tertentu atau menuntut keterampilan tertentu untuk dikembangkan, buatlah rencana untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai.
Keluarga Anda tidak boleh ditinggalkan dalam rencana Anda. Jika Anda baru memulai, maka Anda harus memutuskan apakah Anda ingin menjadi orang tua atau kapan Anda ingin menjadi orang tua. Anda juga harus tahu apakah Anda benar-benar akan menjadi orang tua yang baik dan seberapa baik Anda akan berhubungan dengan anggota keluarga besar.
Situasi keuangan pribadi juga memainkan peran utama dalam mencapai tujuan Anda. Miliki tujuan yang realistis tentang berapa banyak yang ingin Anda hasilkan. Anda juga harus dapat membuat rencana atau tahapan yang dapat digunakan untuk mencapai potensi penghasilan Anda.
Individu yang berbakat secara fisik mungkin dapat mencapai tujuan yang berhubungan dengan olahraga seperti menjadi anggota asosiasi Bola Basket Nasional atau Liga Sepak Bola Nasional. Menentukan kemampuan fisik Anda harus menjadi salah satu prioritas Anda. Namun, keterbatasan fisik dapat diatasi dengan perencanaan yang tepat. vSeperti kata pepatah -'Semua kerja dan tidak bermain membuat Jack menjadi anak yang bodoh', atau sesuatu yang mirip dengan itu, adalah benar sampai ke huruf terakhir. Memberi diri Anda sedikit kesenangan: harus dimasukkan ke dalam rencana Anda.
Untuk mulai mencapai tujuan seumur hidup Anda, buatlah rencana seperempat abad, lalu jabarkan menjadi rencana 5 tahun, lalu jabarkan lagi menjadi rencana 1 tahun, lalu rencana 6 bulan, lalu rencana bulanan, lalu rencana mingguan, lalu rencana harian.
Kemudian buatlah daftar yang harus dilakukan untuk hari itu. Selalu tinjau ulang rencana Anda dan persiapkan diri untuk berbagai kemungkinan.Dasar-dasar penetapan tujuan seharusnya tidak terlalu sulit setelah Anda terbiasa dengan hal tersebut.
Menciptakan Hubungan yang Efektif dan Efisien
Semua jenis hubungan sering dianggap sebagai hal yang sangat rumit, yang membutuhkan upaya ekstra untuk mempertahankannya. Namun, sebuah hubungan juga dapat menjadi sesuatu yang dapat memberikan rasa aman dan juga dapat bertahan lama meskipun banyak cobaan.
Membangun hubungan yang efektif dan langgeng adalah sebuah keharusan karena beberapa alasan. Misalnya dalam sebuah kelompok atau organisasi, kesejahteraan orang-orangnya bergantung pada seberapa efisien dan efektifnya kelompok atau organisasi tersebut bekerja.
Kelompok atau organisasi juga bergantung pada bagaimana para anggotanya bekerja sama dengan baik dengan manajemen.
Kelompok atau organisasi yang tidak efektif dapat membuat frustasi. Kelompok atau organisasi yang efektif juga dapat meminta begitu banyak dari para anggotanya, sehingga terkadang para anggotanya tidak memiliki kehidupan di luar tembok tempat mereka bekerja atau mengorbankan aspek-aspek lain dalam hidup mereka hanya untuk memenuhi tenggat waktu. Untuk organisasi atau kelompok dengan skenario seperti ini, hubungan dapat menjadi stres atau mengalami kerusakan.
Orang-orang atau entitas lain yang bergantung pada kelompok atau organisasi ini juga menderita.
Masyarakat didefinisikan sebagai sebuah jaringan hubungan, yang mengharuskan semua pihak untuk bekerja dan memberikan kontribusi untuk mencapai tujuan bersama. Memiliki hubungan yang baik, di mana kerja sama dan rasa hormat diwujudkan, dapat membuat masyarakat bekerja lebih baik. Dengan cara ini, setiap anggota bekerja demi kebaikan bersama dan untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini hanya dapat dicapai dengan hubungan yang efektif dan efisien.
Memahami perasaan dan posisi pihak lain akan menciptakan hubungan yang efektif dan efisien. Metode termudah untuk memahami apa yang penting bagi pihak lain adalah dengan menanyakan apa yang mereka inginkan dan mendengarkan apa yang mereka katakan. Ketika pihak lain menyadari hal ini, mereka akan merasakan pentingnya hal tersebut bagi mereka.
Hubungan yang efektif dan efisien mengharuskan para pihak untuk secara terbuka mengekspresikan perasaan dan posisi mereka pada semua hal yang berkaitan dengan hubungan tersebut. Menganggap bahwa pihak lain memahami kebutuhan kita dan memberikannya ketika kita membutuhkannya tanpa memintanya bukanlah praktik yang baik.
Rasa hormat adalah kunci dari sebuah hubungan. Untuk menciptakan hubungan yang lebih efektif, kedua belah pihak harus memperlakukan satu sama lain dengan hormat. Kita dapat menunjukkan rasa hormat hanya dengan mendengarkan pihak lain dan dengan mencoba secara tulus untuk memahami bagaimana mereka berfungsi. Anda juga dapat menunjukkan rasa hormat kepada pihak lain dengan memastikan bahwa mereka melakukan semua yang mereka bisa.
Kebalikan dari rasa hormat adalah penilaian yang cepat berdasarkan fakta dan prasangka yang tidak berdasar.
Rasa hormat adalah fondasi utama untuk hubungan yang baik. Ini juga berarti menghormati diri sendiri dan menghormati orang lain.
Area kunci lainnya dalam membentuk hubungan yang efektif adalah menangani perbedaan pihak lain secara langsung. Perbedaan antar pihak atau orang cukup menarik. Misalnya dalam sebuah percakapan di mana masing-masing pihak mendengarkan pihak lain, Anda dapat mengamati bahwa masing-masing memiliki dua perspektif yang berbeda.
Berusahalah untuk mencapai solusi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Hal ini dapat dilakukan ketika setidaknya satu pihak mengakui bahwa hubungan itu penting. Pihak tersebut kemudian akan mengerahkan lebih banyak waktu, tenaga dan energi untuk memahami kebutuhan pihak lain dan menanganinya untuk menyelesaikannya. Jika mereka gagal, akan lebih baik bagi pihak tersebut untuk mengetahui bahwa mereka telah mencoba.
Mendengarkan secara efektif dan tidak menghakimi. Hal ini penting jika kedua belah pihak ingin saling memahami. vDiskusi informal sangat kondusif bagi para pihak. Mereka dapat menyampaikan masalah dan kekhawatiran dengan nyaman. Mereka juga merasa lebih rileks sehingga dapat berpikir lebih jernih. vMengembangkan suasana di mana pihak lain dapat mengekspresikan perasaan mereka ketika mereka perlu.
Ketika para pihak gagal mengungkapkan apa pun yang ada di pikiran mereka atau perasaan mereka, hal itu dapat menghalangi pembangunan hubungan yang efektif.
Para pihak harus menyadari bahwa hal-hal tertentu ada secara alamiah tetapi harus dikendalikan dalam setiap transaksi dalam hubungan apa pun. Sifat alami manusia adalah satu. Beberapa hal yang ditemukan dalam sebuah hubungan juga termasuk riwayat stereotip atau ketidakpercayaan, menyalahkan orang lain atau pihak lain atas hubungan yang tegang, tidak mengikutsertakan perasaan pihak lain saat fokus pada suatu tugas, tidak ada tujuan yang jelas dan terdefinisi, peran dan ekspektasi masing-masing pihak dalam suatu hubungan juga tidak jelas.
Hubungan adalah hal yang penting bagi siapa saja, mengatasi isu dan masalah dengan segera adalah suatu keharusan untuk memperbaiki hubungan. Seperti kata pepatah 'Tidak ada manusia yang tidak memiliki pulau'.
Post a Comment for "Menetapkan Tujuan Anda - Lebih Mudah Diucapkan, Lebih Mudah Dilakukan"