Pola Rpp Akuntansi Sma: Materi Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA NEGERI 6 MALANG
Bidang Studi : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
B. KOMPETENSI DASAR
Menafsirkan penggolongan akun-akun
C. INDIKATOR
1. Menafsirkan definisi perusahaan jasa.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa
3. Mendeskripsikan penggolongan akun
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menafsirkan definisi perusahaan jasa
2. Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa
3. Siswa dapat mendeskripsikan penggolongan akun
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian perusahaan jasa
yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dalam melayani keperluan penduduk
2. Ciri-ciri perusahaan jasa
a. Menjual jasa untuk menemukan laba
b. Pendapatan diperoleh dari pemasaran jasa
3. Mendeskripsikan penggolongan akun
Akun ialah sebuah formulir atau tempat mencatat transaksi keuangan yang sejenis dan mampu mempengaruhi harta, utang, dan modal perusahaan
Kode akun terdiri dari:
a. Kode Numerik
adalah cara pinjaman arahan akun dengan memakai nomor-nomor yang dimulai dari 0 sampai 9
b. Kode Desimal
akun diklasifikasikan menjadi kelompok atau rubrik.
c. Kode Mnemonik
Pemberian kode dilakukan dengan menggunakan abjad.
d. Kode Kombinasi Huruf dan Angka
Pemberian arahan akun dengan kombinasi abjad dan angka dapat dilakukan dengan menunjukkan aba-aba karakter pada kelompok dan kelompok akun sedangkan untuk jenis akun diberikan arahan angka.
F. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Kontruktivis
Metode : Kooperatif
Model Pembelajaran : Student Facilitator and Explaining
G. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
Media : -
Sumber Pembelajaran :
Suranto, Agus dkk. 2006. Prinsip-prinsip Akuntansi 1. Jakarta: Yudistira
Firdaus,Yoga dkk. 2005.Akuntansi SMA untuk Kelas XI. Jakarta:Erlangga
H. SKENARIO PEMBELAJARAN
Pertemuan I
No | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Model | Alokasi waktu |
1 2 3 | Kegiatan permulaan: a. Guru mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya b. Guru menanyakan wacana perusahaan jasa Kegiatan inti: a. Guru memberikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai b. Guru membuktikan secara garis besar tentang penggolongan akun c. Guru memberi peran untuk mendefinisikan pengertian masing-masing akun kepada siswa d. Guru meminta siswa untuk menerangkan pedoman masing-masing kepada siswa lain. e. Guru menyimpulkan balasan dari siswa. f. Guru menandakan semua materi yang dihidangkan tadi g. Guru memberi kesimpulan Kegiatan final: a. Guru mengulang kembali materi yang telah disampaikan dan menyimpulkan kembali b. Guru menyelesaikan dengan memerintahkan siswa latihan soal selanjutnya di rumah | Kegiatan awal: a. Siswa diperlukan mengingat pelajaran kemarin b. Siswa dibutuhkan menjawab perusahaan yang bergerak dalam melayani penduduk . Kegiatan inti: a. Siswa memperhatikan klarifikasi dari guru b. Siswa memperhatikan klarifikasi gurunya c. Siswa mendiskusikan tugas tersebut d. Salah satu siswa menjelaskan jawabannya dan siswa lain menyimak e. Siswa menyimak klarifikasi perhiasan dari gurunya f. Siswa menyimak dan menambahkan pada catatannya masing-masing g. Siswa mencatat kesimpulan dari gurunya Kegiatan final: a. Siswa memperhatikan klarifikasi dari gurunya b. Siswa mencatat apa yang ditugaskan oleh gurunya. | Ceramah Student Facilitator and Explaining Ceramah | 5 menit 80 menit 5 menit |
I. PENILAIAN
1. Dengan tes
Penilaian dilaksanakan dengan tes tertulis.
Soal berasal dari guru dan LKS
Mengetahui, Malang, 14 Februari 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan
Ngesti Bayu R.,S.Pd Dudung Ma’ruf Nuris
NIP. 131559744 NIM. 106421403922
Soal Persamaan Akuntansi:
Tuan Nurdiantoro mendirikan suatu perusahaan perseorangan pada tanggal 1 oktober 2008. Transaksi yang teRjadi selama oktober yaitu sebagai berikut:
Oktober 2 Tuan Nurdianto membuka rekening di bank untuk perusahaannya dan menyetorkan duit Rp 50.000.000 ke rekening tersebut sebagai modalnya.
5 Dibayar sewa gedung dan perlengkapan bulan ini Rp 6.000.000
8 Dibeli perlengkapan secara kredit sebesar Rp 18.500.000
10 Dibayar utang kepada kreditur Rp 12.500.000
18 Diterima kas dari penjualan jasa secara tunai Rp 7.500.000
21 Dibayar biaya kendaraan bulan ini Rp 15.600.000
23 Dibayar gaji pegawai kantor Rp 3.000.000
26 Ditentukan harga perlengkapan yang tersisa yakni Rp 17.200.000. Ini berarti harga peralatan yang terpakai Rp 1.300.000
28 Dikirimkan tagihan terhadap pemakai jasa secara kredit senilai Rp 4.700.000
30 Tuan Nurdianto mengambil kas untuk keperluan langsung Rp 2.000.000
Diminta:
Tunjukkan imbas masing-masing transaksi diatas dengan memakai tabel berikut:
Aktiva = Kewajiban + Modal
Kas + Piutang + Perlengkapan = Utang dagang + Modal Nurdianto
Post a Comment for "Pola Rpp Akuntansi Sma: Materi Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa"